Rekomendasi “street food” khas Korea Selatan dari Kimbab Family

Jakarta (ANTARA) – Pembuat konten Kimbab Family membagikan sejumlah rekomendasi makanan ringan khas atau street food khas Korea Selatan nikmat untuk disantap pada musim dingin di Negeri Ginseng tersebut.

Dikutip dari keterangan pers pada Selasa, Mama Gina dan Appa Jay memutuskan membeli beberapa street food di Daehakro untuk dimakan di rumah bersama Suji, Yunji, dan Jio.

Daehakro merupakan tujuan wisata turis lokal dan berbeda dengan Myeongdong yang biasanya dikunjungi oleh turis mancanegara. Berikut ini 10 jajanan khas musim dingin di Korea yang menjadi pilihan Kimbab Family.

Pertama, adalah Hodugwaja. Ini merupakan kue dengan adonan yang lembut dan isian kacang merah serta walnut. Ada pula Ddangkong gwaja atau kue kacang tanah merupakan salah satu jajanan tradisional Korea yang kini sulit ditemui. Kue ini menggunakan adonan yang sama dengan hodugwaja, tetapi isiannya adalah kacang tanah utuh.

Lebih lanjut, Ingeoppang yang bentuknya mirip dengan bungeoppang. Perbedaannya terletak di adonannya yang menggunakan tepung ketan, sehingga teksturnya lebih kenyal. Varian rasanya antara lain kacang merah dan custard.

Rekomendasi selanjutnya adalah Gyeran ppang atau kue telur yang bagian bawahnya adalah roti dengan cita rasa manis dan dipadukan dengan telur yang gurih di bagian atasnya. Gyeran ppang merupakan makanan yang dulu sering Appa Jay makan sepulang sekolah bersama teman-temannya.

Makanan berikutnya adalah Hotteok yang bagian dalamnya diisi dengan gula, kayu manis, dan wijen, kemudian digoreng. Hotteok merupakan jajanan favorit Mama Gina saat pertama kali mengunjungi Korea.

Selain itu, ada juga bubble hotteok yang dulu disebut gonggal ppang. Bentuknya menggembung dan di dalamnya hanya diolesi gula, kayu manis, dan wijen. Bubble Hotteok ini merupakan kesukaan Appa Jay karena teksturnya garing.

Lebih lanjut, Oksusu atau jagung rebus yang berwarna ungu dan kuning. Berbeda dengan jagung manis yang ada di Indonesia, rasa jagung ini lebih hambar tetapi lama-kelamaan terasa manis saat dikunyah.

Ada juga Gungoguma atau ubi panggang yang dahulu merupakan jajanan favorit masyarakat Korea saat musim dingin. Mama Gina menggambarkan rasanya mirip seperti ubi Cilembu.

Rekomendasi street food lainnya adalah Gunbam atau chestnut yang dibuat dengan cara dipanggang dan memiliki rasa manis. Serta, permen dalgona, yaitu jajanan khas Korea yang semakin populer berkat serial “Squid Game”. Sebelum dimakan, ada permainan yang dilakukan dengan memilih pola yang dicetak di atas permen dalgona, misalnya bentuk payung, segitiga, persegi, dan lain-lain. Setelah pola dicetak, pembeli yang berhasil membelah permen dalgona sesuai pola akan mendapatkan bonus permen atau hadiah lainnya.

Dari 10 jajanan khas musim dingin yang dicoba, Appa Jay memilih ddangkong gwaja (kue kacang tanah) sebagai jajanan favorit, sedangkan Mama Gina memilih bubble hotteok dan permen dalgona.

Berbagai keseruan Kimbab Family lainnya dapat disaksikan oleh keluarga di kanal Youtube Kimbab Family. (*)



Sumber Berita : saptanawa.com


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *