Menu

Pemda Diminta Cari Pola Penanganan Sampah Preventif

SURABAYA, HARIAN BANGSA – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Jawa Timur dari Fraksi Gerindra, Satib mengajak stakeholder Pemprov Jatim untuk mencari alternatif penanganan sampah selama ini. Dia berharap ada penanganan preventif sampah, untuk mengurangi volume produksi sampah dalam jenis apapun.

“Di Jawa Timur sudah ada Perda tentang sampah, tetapi Perda tersebut akan direvisi,”kata dia, belum lama ini.

Selama ini, lanjut dia, pemerintah disibukkan bagaimana mengelolah sampah yang ada, baik itu sampah yang berkaitan dengan produk-produk minuman atau produk-produk kemasan dan B3. Belum mencoba berpikir bagaimana cara tindakan preventif pengelolaan sampah.

“Artinya, pemerintah harus berfikir mencari alternatif lain disamping penanganan limbahnya. Tapi bagaimana membatasi agar terjadi produksi limbah sampah yang sedemikian besar. Misalnya, ketika ada perusahaan yang memproduk barang yang kemasannya dari plastik, bagaimana cara pemerintah merubah jangsan sampai perusahaan itu memproduksi lagi kemasannya dari plastik,”beber  anggota legislatif dari Dapil V itu.

Hal itu bisa diatur dalam Perda agar persuahaan nantinya membuat kemasan alternatif yang ramah dengan linkungan. Sebaliknya, perusahaan yang membuat keasannya dari plastik dan sulit diurai, perusahaan itu diminta ikut bertanggung jawab terhadap limbah kemasannya.

“Misalnya saja, bisa saja mereka diminta untuk membeli botol minuman yang berupa  plastik itu di masyarakat yang mereka gunakan untuk kemasan,” ungkap dia.

Untuk teknisnya pemerintah yang mencari formula. Yang penting ada niatan dari pemerintah bukan hanya sebatas pada pengelolaan sampahnya tapi juga terhadap tindakan preventif sehingga produk sampah seperti itu bisa terkendali. (mid/ns)

 

Sumber Berita : saptanawa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*