Menu

Pastikan Proses Vaksinasi Sesuai Target, Gubernur Khofifah Kunjungi Gresik

Surabaya, saptanawa.com – Memastikan proses vaksinasi di Gresik sesuai target, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengunjungi Rumah Sakit Semen Gresik dan UPT Puskesmas Alun- Alun Gresik, Sabtu (30/1).

“Kita di sini ingin pastikan proses vaksinasi di Gresik bisa terukur sesuai target yang sudah di sampaikan oleh Mentri Kesehatan dalam berbagai rapat koordinasi secara virtual,” ujar Gubernur.

Pertama Gubernur menjelaskan, faskesnya akn terus ditambah.  Jika saat ini ada 56, Dinkes Gresik akan menambah jadi 100 faskes. Vaksinatornya juga harus di tambah minimal ada 500 Р1000 vaksinator.

“Yang menjadi target pak Presiden, menurut proporsi dari perencanaan yang ada membutuhkan waktu 15 bulan, tapi pak Presiden ingin semua itu dicapai selama 12 bulan. Oleh karena itu Gresik, Sidoarjo, Surabaya sebagai tiga daerah yang mendapatkan prioritas untuk mendapatkan vaksin, menjadi penting untuk bisa dijadikan referensi kabupaten kota lainnya,” terang Gubernur.

Kepala Dinas Kesehatan Gresik drg. Saifuddin Ghozali mengatakan, bulan Februari akan ada SK baru bahwa akan melibatkan 100 vaksienkes di kabupaten Gresik.

“Vaksinator kita pada hari ini 277. ¬†Akan tetapi kalau kita akan melakukan percepatan mungkin akan kita tambah lagi minimal 500 – 1000 vaksinator supaya target Jawa Timur khususnya di Gresik selesai, akhir tahun ini selesai vaksinasi,”terang Kadinkes.

Untuk ketersediaan vaksin, Saifuddin menjelaskan, vaksin yang sudah diterima dari Dinas Kesehatan Jawa Timur sebanyak 12.200 vaksin, dikirim secara bertahap.

“Menurut data per hari kemarin Jumat (29/1) pelayanan kita capai adalah 63 persen dari yang sudah kita lakukan, dan ini akan kita percepat lagi. Sehingga nakes kita targetkan selesai vaksinasinya bulan ini untuk dosis pertama, dan dosis kedua bulan Februari,” ungkapnya. (dev/ns)

Sumber Berita : saptanawa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*