Menu

Kalahkan Adele, album soundtrack “Encanto” rajai Billboard 200

Jakarta (ANTARA) – Album soundtrack “Encanto” mengambil alih posisi pertama di Billboard 200 yang sebelumnya dipegang album “30” dari Adele selama enam pekan.

Menurut Billboard, pencapaian tersebut menandai pertama kalinya soundtrack film mencapai peringkat pertama setelah lebih dari dua tahun atau sejak soundtrack “Frozen II” menduduki puncak chart selama satu pekan pada Desember 2019.

Dikutip dari Variety pada Selasa, album soundtrack “Encanto” memasuki tangga lagu pada Desember dengan menempati nomor 197. Peringkatnya naik menjadi nomor 110 pada dua pekan lalu dan berubah menjadi nomor tujuh pada pekan lalu.

Album “Encanto” menghasilkan 72.000 unit setara album dan naik sebesar 76 persen untuk posisi pertamanya pada pekan ini. Sementara “30” dari Adele mendapatkan 57.000 unit setara album dan turun hingga 43 persen pada pekan ini.

Walaupun Adele turun di Billboard 200, namun lagu “Easy on Me” masih menempati posisi teratas di Billboard Hot 100 selama delapan pekan.

Popularitas animasi “Encanto” setelah debut di layanan streaming Disney Plus juga tampak di Billboard Hot 100, meski belum mampu menggeser posisi Adele. Sebagai contoh, lagu yang ditulis Lin-Manuel Miranda dengan judul “We Don’t Talk About Bruno” telah melonjak dari nomor 45 menjadi nomor lima.

Sementara itu, peringkat ketiga Billboard 200 ditempati oleh Morgan Wallen dengan albumnya “Dangerous: The Double Album”. Album bintang itu menghabiskan 10 pekan di nomor 1 dan sempat turun dari 10 besar sekali dalam setahun terakhir. Mengikuti Wallen dalam 10 album teratas, lainnya ada album “Sour” dari Olivia Rodrigo di nomor empat dan “Red (Taylor’s Version)” dari Taylor Swift di nomor lima. (*)



Sumber Berita : saptanawa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*