Menu

Berkah Ramadan, Makki Banser Kembali Punya Rumah Layak

Makki butuh menunggu empat tahun untuk bisa kembali menempati rumahnya yang ludes terbakar sampai tinggal puing-puing.

Surabaya, saptanawa.com – Ramadan kali ini Makki dan keluarga kembali bisa menjalankan ibadah puasa dengan tenang. Pasalnya anggota Barisan Ansor Serbaguna (Banser) itu kembali punya rumah yang layak huni.

Makki butuh menunggu empat tahun untuk bisa kembali menempati rumahnya yang ludes terbakar sampai tinggal puing-puing. Hingga akhirnya sekitar dua bulan lalu, sahabat-sahabat Ansor dan Banser Simokerto berinisiatif menggalang dana untuk renovasi rumah Makki.

“Alhamdulillah, kurang dua bulan rumah Ndan Makki selesai dikerjakan. Target sebelumnya renovasi agar layak ditempati. Alhamdulillah, malah bisa dibangun dua lantai lengkap dengan perabot. Ini berkah ramadan untuk Ndan Makki,” tutur Ketua PAC GP Ansor Simokerto, Ahmad Romli, Jumat (16/4/2021).

Romli mengisahkan empat tahun lalu, Makki kehilangan rumah akibat musibah kebakaran. Hampir semua hartanya ludes. Rumahnya pun tinggal puing-puing saja.

Bila tetangga yang lain langsung membangun kembali rumahnya yang terbakar, Makki hanya bisa bersabar karena terbentur dana. Ia berpindah-pindah kos dan terakhir tidur di bekas warung nasi pecel. Itu perjalanan Makki di saat belum bisa membangun rumah. Ia pun terpaksa harus tinggal di rumah kos, sementara anak-istrinya tinggal di rumah bekas terbakar.

“Melalui waktu yang panjang, Pak Makki yang sempat berpisah dengan anggota keluarganya akibat kebakaran 4 tahun lalu. Kini bisa bersatu kembali dalam sebuah rumah yang layak berlantai dua,” tandas Romli.

Romli mengungkapkan, sebenarnya rekan-rekan Makki di Ansor dan Banser sudah lama ingin membantu membangunkan rumah. Namun, berulangkali bantuan itu ditolak Makki.

Menurut Romli, Makki tipikal orang yang tak mau menyusahkan orang lain, termasuk sahabat-sahabatnya. Ia dengan ikhlas menjalani musibah yang menimpa dirinya.”Alhamdulillah, akhirnya Pak Makki mau dibantu. Spontan, sahabat Ansor-Banser Simokerto hadir untuk menggerakkan dan mengajak semua donatur bersama komunitas sosial mewujudkan mimpi Pak Makki yakni membangun sebuah rumah baru yang layak, huni” pungkas alumni santri Lirboyo Kediri ini. (mdr/ns)

Sumber Berita : saptanawa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*