Menu

Akhirnya Surabaya – Sidoarjo Tersambung MERR IIC

SURABAYA,  HARIAN BANGSA  – Jalan MERR IIC Gunung Anyar pada sisi barat resmi dibuka Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini. Peresmian dihadiri Forkopimda Surabaya, seluruh kepala OPD, investor Surabaya Timur dan tokoh masyarakat.

Sebelumnya, peresmian oleh Pemkot Surabaya sempat tertunda selama tiga bulan. Sebab, saat itu pemkot menunggu dengan harapan ada bantuan dari pengembang. “Ternyata nggak bisa. Ya udah kemudian saya putuskan untuk dibangun sendiri,” kata Risma setelah meresmikan Jalan Merr IIC Gunung Anyar, Sabtu (15/2).

Meski begitu, Pemkot telah dibantu pembebasan tanah oleh Kejaksaan Tinggi selama proses pembangunan. Jalan Merr IIC Gunung Anyar sudah dapat dilewati per hari ini oleh warga Surabaya dan Sidoarjo. Sebab jalan ini menghubungkan dua wilayah tersebut. “Jalan sudah siap, sudah bisa jalan. Sudah tinggal pakai,” ujarnya.

Risma mengatakan, selama pembangunan sepanjang Jalan Merr Kenjeran (Kalijudan) sampai Gunung Anyar menghabiskan dana Rp 425.978.737.497 atau hampir setengah triliun Rupiah. Jalan itu sepanjang 10 kilometer dengan lebar 40 meter dan bebaskan 551 persil selama tiga tahun.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudrajad mengatakan, penundaan peresmian Jalan Merr IIC karena wilayah perbatasan, sehingga perlu penyesuaian. “Merr ini kan akses mobilitas menuju tol ke Juanda maupun ke Waru. Dari Merr ke Juanda sudah bisa dilewati sejak tahun lalu belok kiri ke arah Juanda. Tapi kita terhambat ketika masyarakat Merr mau menuju Waru itu harus berputar dulu. Ini yang belum ada titik temu,” jelasnya.

Tetapi, Dishub Surabaya saat rapat terakhir bersama Dishub Sidoarjo, mereka mengatakan akan mengakomodasi dengan traffic light. “Ternyata kok pemasangan belum dikembalikan seperti semula. Rapat dimediasi Dishub Provinsi kemarin bisa dibuka dari Merr belok kanan ke arah Waru,” pungkasnya.(ian/rus)

Sumber Berita : saptanawa.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*