Menu

Surga Wisata Tersembunyi Saat Mudik ke Gresik?

Gresik yang dikenal sebagai Kota Industri ternyata memiliki sejumlah surga wisata yang tersembunyi. Beberapa pulau yang ada di kabupaten ini menyimpan keindahan yang seakan menunggu untuk dinikmati. Terutama di Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran tahun 2016.
‘’Anda sudah pernah singgah ke Pulau Bawean? Di sana ada pantai pasir putih, ada gua, ada juga air terjun dan danau. Jadi jangan pernah Anda pikir Gresik itu hanya dipenuhi pabrik petrokimia dan semen saja. Bagi Anda yang mudik ke Gresik, silahkan berwisata. Banyak dan keren-keren kok,’’ jelas Menteri Pariwisata Arief yahya.

Menurut dia, Gresik bukan hanya wisata alam, Gresik juga menjadi tujuan para pelancong dari berbagai daerah karena di sini terdapat beberapa makam para wali. ”Wisata religinya juga sangat kental, cocok dijalani saat libur hari raya, banyak makam-makam Sunan yang sangat bersejarah,” kata dia.

So, bagi para perantau yang pulang kampung halaman, #PesonaLebaranGresik #PesonaLebaran #PesonaIndonesia #WonderfulIndonesia

Pulau Bawean
Pulau yang letaknya 80 mil atau 120 km dari Gresik ini ternyata menyimpan sejuta eksotisme pariwisata di dalamnya. Ada sejumlah pantai berpasir putih di sekeliling pulau, wisata pemandian air panas, air terjun, Danau Kastoba, sampai Pulau Noko.
Uniknya, anda bisa menyebrang ke Pulau Noko dengan berjalan kaki bila laut sedang surut. Anda bakal merasakan sensasi berjalan di atas laut.

Air Terjun Laccar
Masih di Pulau Bawean yang menjadi wilayah wisata kebanggaan Gresik, ada pula satu spot obyek wisata yang bisa dibilang masih sangat alami bernama air terjun Laccar. Air terjun ini memiliki aliran yang jernih, mata air nan dingin, dan tentu saja suasana alam yang masih sangat asri. Tapi untuk menikmati keindahannya anda perlua berusaha sedikit keras, karena Anda diharuskan untuk menyusuri jalan setapak dan sungai berbatu di Pulau Bawean.

Pulau Gili
Pulau Gili merupakan pulau kecil yang letaknya hanya sekitar 2,3 kilometer dari Pulau Bawean. Selain menikmati pasir putih, pulau ini juga manjadi tempat yang tepat untuk menikmati sunrise sekaligus sunset.

Pantai Delegan
Pantai Delegan merupakan salah satu objek wisata yang populer di Gresik. Pantai yang berada di Desa Delegan, Kecamatan Panceng, ini memiliki pasir putih yang lembut serta ombak yang tenang, jadi sangat tepat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Meski hanya dikelola oleh warga setempat, namun fasilitas yang ada di Pantai Delegan bisa dibilang sudah cukup lengkap.

Gua Langsih
Goa Langsih konon adalah tempat tinggal Berandal Loka Jaya, nama preman Raden Sahid sebelum mendapat pencerahan melalui Sunan Bonang. Raden Sahid sendiri adalah nama muda dari Sunan Kalijaga. Goa Langsih disebut sakral, karena banyak terjadi kejadian di luar akal sehingga pengunjung diminta untuk menjaga kebersihan, ketertiban dan kesopanan; tidak melakukan hal-hal yang dipandang aib, dan wanita haid juga disarankan untuk tidak memasuki gua.

Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim
Tak ada salahnya bila Anda memulai perjalanan di Kota Gresik dengan berwisata Reliji. Pasalnya selain dijuluki sebagai Kota Industri, Gresik juga terkenal sebagai kota yang memiliki sejumlah wisata religi. Salah satunya adalah Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan Sunan Gresik.

Sebagai salah satu wali yang berperan besar dalam penyebaran agama islam di tanah Jawa, Sunan Maulana Malik Ibrahim juga bisa dibilang memiliki keunikan sendiri. Pasalnya ada beberapa tempat di sejumlah daerah seperti Cirebon yang juga dianggap sebagai tempat persemayaman Sunan Giri.

Makam Sunan Giri
Makam Sunan Giri juga menjadi salah satu tempat di Gresik yang selalu ramai dikunjungi oleh pelancong dari penjuru negeri. Makam Sunan Giri berada Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sunan Giri juga dikenal dengan beberapa nama, diantaranya Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden ‘Ainul Yaqin danJoko Samudro.

Beberapa catatan juga memiliki cerita yang berbeda terkait kehidupan masa kecilnya. Namun ada kesamaan dari sejumlah catatan tersebut, yaitu sejak kecil Sunan Giri sudah tidak hidup bersama kedua orang tuanya karena dihanyutkan di laut. Wallahua’lam.

Sunan Prapen
Sunan Prapen adalah keturunan dari Sunan Giri. Dalam Babad Gresik disebutkan kalau Sunan Prapen adalah pemimpin keempat Kerajaan Giri Kedaton yang berkuasa di tahun 1548-1605 Masehi. Sunan Prapen sosok raja Islam yang komplit. Ia adalah seorang raja, pendakwah dan penyebar ajaran Islam serta seorang pujangga besar di masanya.

Ia lah yang menggubah kitab Asrar dan kemudian digunakan sebagai dasar menyusun Jangka Jayabaya. Selain itu, Sunan Prapen juga dikenal sebagai mpu atau pembuat keris. Karyanya yang terkenal di bidang pembuatan keris adalah keris Angun-angun.

Petilasan Sunan Kalijaga
Selain makam Sunan Gresik, Sunan Prapen dan Sunan Giri, salah satu tempat berbau Wali Songo yang bisa kita datangi di Gresik adalah Petilasan Sunan Kalijaga. Petilasan ini berupa gua yang dinamakan Gua Langsih. Lokasinya berada di atas Bukit Surowiti, sekitar 35 km dari pusat kota Gresik. Untuk bisa sampai ke lokasi gua, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga yang cukup melelahkan. Namun sesampai di mulut gua, jangan kaget kalau aroma mistis langsung terasa.

Bukit Jamur
Pernah melihat jamur sebesar rumah? Kalau belum, Anda bisa datang ke Kecamatan Bungah, Gresik, karena di sini terdapat sejumlah jamur raksasa yang dijamin bisa membuat Anda terpana. Namun jamur-jamur raksasa ini bukanlah tumbuhan, tapi sisa galian batu kapur yang sudah di tinggalkan. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini.

sumber : REPUBLIKA.CO.ID

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*