Menu

Bukit Jamur yang menawan

12504.58km

Percaya gak, di Gresik ada bukit jamur yang terdiri dari jamur-jamur raksasa? Kalau gak percaya, datang aja ke bukit kapur di kecamatan Bungah. Di sana kamu akan menemukan “jamur-jamur” raksasa berjajar dengan eloknya.

Selain terkenal dengan kota industri dan kota religi, Kota Gresik juga menyimpan beberapa potensi wisata seperti Pantai Delegan dan Pulau Bawean, dan yang lagi banyak dibicarakan  banyak orang saat ini tentang Kota Gresik yaitu Bukit Jamur, sebuah tempat yang bisa jadi referensi untuk di kunjungi jika kalian berkunjung atau berada di Kota Gresik.

Kali ini saya akan berbagi pengalaman selama mengunjungi tempat menarik di Kota Gresik, yaitu Bukit Jamur di Bungah – Gresik

Berjarak sekitar 5-6 kilometer dari gunung kapur Sekapuk, Bukit Jamur ini juga adalah salah satu lokasi bekas galian yang kini nge-hits sebagai tempat wisata. Karena bagian bawahnya terkena erosi yang disebabkan oleh hujan dan angin, maka terbentuklah jamur-jamur raksasa seperti sekarang ini. Hm, pasti seru nih, mejeng dan foto-foto di sini!

Bukit Jamur merupakan fenomena alam yang biasa disebut Mushroom Rock, yaitu fenomena dimana batu terkikis oleh angin yang akan membawa dan membuang material-material kecil dari batu tersebut. karena bagian atas batu lebih kuat dan padat dibandingkan bagian bawahnya maka bagian bawah batu akan lebih cepat terkikis sehingga membentuk sebuah batu yang mirip dengan jamur. Mushrom biasanya terjadi di daerah kering, seperti gurun pasir. Dan fenomona langkah dan unik ini bisa kita temui jika kita berkunjung ke Bukit Jamur di Bungah – Kota Gresik.

Letak, akses jalan atau rute menuju Bukit Jamur Bungah Gresik

Lokasi bukit jamur bungah gresik terletak di desa Bungah Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Untuk menuju ke bukit jamur, dari Kota Gresik menuju ke barat melewati jalur pantura, setelah melewati jembatan sungai bengawan solo sembayat akan di jumpai pertigaan Bungah. Dari pertigaan ini belok kiri mengikuti petunjuk ke Dukun, sekitar 1 km di sisi kanan jalan ada gang masuk ke area pertambangan bukit kapur dan proyek pembangunan perumahan Pondok Bungah Indah. Setelah masuk gang lurus saja sampai di ujung ada pertigaan belok kiri dan tinggal ikuti jalan, maka bukit jamur sudah kelihatan di sisi kanan jalan.

Jalur lain untuk menuju bukit jamur bungah, dari pertigaan Bungah bisa lurus mengikuti petunjuk ke Tuban. Sekitar 700 meteran, diseberang jalan atau di kanan jalan ada Gedung Serba Guna Tiga Putra Sport Center, di sisi kiri jalan ada jalan masuk ke proyek penambangan, masuk saja dan ikuti jalan lurus terus sampai terlihat bukit jamur di sisi kanan jalan.

Keunikan dan keistimewaan Bukit Jamur Bungah Gresik

Tempat wisata Bukit Jamur Gresik ini adalah sebuah tempat bekas proyek penggalian / penambangan kapur yang sudah ditinggalkan. Sebenarnya bukit jamur ini bukan sebuah tempat wisata, karena semakin hari semakin banyak pengunjung yang datang ke tempat ini maka tempat ini sekarang disebut sebagai Tempat Wisata. Disana kita dapat melihat sebuah fenomena yang sangat langkah yaitu sebuah kumpulan bukit batu yang berbentuk jamur yang lucu dan unik sekali. Puncak tertinggi dari bukit ini adalah sekitar 7 meter. Tempat ini sangat cocok buat kita yang ingin refreshing. Bagi para pecintaphotography, bukit jamur bisa dijadikan salah satu tempat yang cocok untuk berburu atau hunting photo di Kota Gresik.

Bukit Jamur di Gresik ini memang terbukti unik, selain bentuknya yang mirip dengan jamur, bukit jamur ini juga dikelilingi bukit kapur dan sawah. Bukit jamur ini belum ditetapkan pemerintah sebagai lokasi wisata. Sensasi yang diberikan bukit ini sangatlah berbeda. Selain kita dapat melihat uniknya batuan berbentuk jamur, kita juga akan merasa seolah-olah berada di negeri liliput, karena ukuran kita yang kecil dan berada di antara jamur-jamur yang sangat besar dan banyak. Diperkirakan bahwa batu jamur tersebut terbentuk karena adanya abrasi selama bertahun-tahun hingga bentuk batu-batu jamur tersebut berubah tampak seperti sekarang. Dengan bentuk batu yang unik seperti jamur tersebut, bukit jamur ini menjadi tempat yang menarik serta unik untuk masyarakat sekitar. Bahkan, bukit jamur ini telah menyita perhatian banyak orang, terbukti dengan makin banyaknya pengunjung tiap minggunya demi melihat dan menikmati pesona dan keindahan tersembunyi bukit jamur tersebut.


,

GPS

Contact

Leave a Reply

Your email address will not be published.

*